Filosofi panjat pinang

"FILOSOFI PANJAT PINANG"

                   Panjat Pinang merupakan permainan tradisional indonesia yang populer hampir diseluruh wilayah Indonesia.Umumnya, permainan ini biasanya dilakukan oleh orang dewasa untuk memperingati hari kemerdekaan dan hari - hari besar lainya,seperti Sedekah bumi,Sedekah laut maupun event - event tertentu.


             Permainan ini biasanya berdiri setinggi 6 meter atau bisa lebih,dengan dilumuri oli atau zat pelicin lainya supaya peserta tidah mudah melampaui lomba.Dan disertakan bendera merah putih terletak paling atas dari tiang sebagai tanda persatuan dan kesatuan NKRI.
              


Filosofi Permainan panjat pinang mengandung nilai - nilai sebagai berikut :

A. Kebersamaan :                                                                                                                           Permainan ini lazim dilakukan oleh sekelompok orang biasanya terdiri dari 4 sampai 6 orang dalam satu tim. Hal ini menunjukkan nilai kebersamaan diantara masyarakat itu sendiri sehingga tercipta lingkungan yang harmonis dan mengenal satu sama lain. 

B. Kekuatan : 
Diperlukan kekuatan fisik dan ketrampilan untuk memanjat maupun menahan beban dengan tujuan naik hingga puncak.

C. Kekompakan : 
Kekompakan merupakan elemen terpenting dalam permainan panjat pinang strategi tim menentukan kerja tim itu sendiri untuk mencapai puncak kemenangan.Biasanya anggota tim yang berbadan lebih besar akan berada dibawah, selain untuk menompang beban juga sebagai pinjakan yang baik bagi peserta yang lain.

D. Jiwa pantang menyerah / Jiwa perjuangan :
Permainan panjat pinang diperlukan keuletan, dan jiwa pantang menyerah dan tidak heran jika permainan ini sering di helat ketika HUT kemerdekaan selain untuk meramaikanya juga diharapkan peserta mampu mengigat para pahlawan yang gigih berani dan pantang menyerah melawan penjajahan.

E. Srategi / Kerjasama
Kerjasama sebagai tim haruslah dilakukan untuk mencapai tujuan kemenangan juga sebagai peingat selain sebagai mahluk individu manusia juga sebagai mahluk sosial yang membutuhkan daya dan upaya dari mahluk lain.


Mengambil bendera merah putih :
Permainan ini diakhiri oleh tim yang mampu mengambil bendera merah putih yang terletah di paling atas tiang sebagai tanda sebuah tim mampu dan berhasil juara.


0 Response to "Filosofi panjat pinang"

Posting Komentar